APAKAH E-WOM (ELECTRONIC WORD OF MOUTH) BISA MENGALAHKAN WOM (WORD OF MOUTH) DALAM MEMPENGARUHI PENJUALAN PRODUK KULINER

Lavenia Hariono

Sari


ABSTRACT

Globalization has caused a rise of so many technology developments, such as in communication. In past communication can only be used through phone call and short message. Nowadays media social became one of the communication media until promotion media which became the origin of e-WOM. WOM has been successfully becoming one of promotion strategies in the culinary business. Due to technology developments, WOM has a new model that called e-WOM especially in culinary business. Therefore, This article is expected to help marketers who are doing a critical review about e-WOM (Electronic Word of Mouth) and WOM (Word of Mouth) that became controversy in influencing culinary sales. This research method is using literature data. 

Kata Kunci


WOM, e-WOM, culinary business, consumer satisfy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Adeliasari, Ivana, V., dan Thio, S. 2014. Electronic Word of Mouth (eWOM) dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran dan Kafe di Surabaya. Manajemen Perhotelan UKP. 2 (2).

Cheung, C. M. K., Lee, M. K. O., dan Rabjohn, N. 2008. The impact of electronic word-of-mouth: The adoption of online opinions in online customer communities. 18 (3).

Dispendukcapil. 2017. http://dispendukcapil.malangkota.go.id/2018/01/lampid-2017/.Diakses tanggal21 Maret 2018.

Febiana, D., Kumadji, S., dan Sunarti. 2014. Pengaruh Word of Mouth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian(Survei pada Pengunjung yangMelakukan Pembelian pada Biker’s Resto dan Café di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) UB, 16 (1).

Firdaus, T. 2017. E-WoM : Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Tamu Restoran di Bandung Utara. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, 7(1).

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., dan Marticotte, F. 2010. e-WOM Scale: Wordof-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27 (1).

Hasan, Ali. 2010. Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Cetakan 1. Yogyakarta: Media Pressindo.

Kemp, S. 2017. Digital in Southeast Asia in 2017. http://wearesocial.com. Diakses tanggal4 April 2018.

Kotler, P., dan Armstrong, G. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Muarif, S. 2017.Daftar Kota di Jawa Timur Berdasarkan Pendapatan perKapita.http://blogkotakita.blogspot.co.id/2017/02/daftar-kota-di-jawa-timurberdasarkan-pendapatan-per-kapita.html. Diakses tanggal 21 Maret 2018.

Nadaraja, R. dan Yazdanifrat, R. 2013. Social Media Marketing: Advantages and Disadvantages. https://www.researchgate.net. Diakses tanggal4 April 2018.

Paludi, S. 2017.Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (EWom) terhadap Citra Destinasi, Kepuasan Wisatawan, Dan Loyalitas DestinasiPerkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan Jakarta Selatan. Jurnal STEIN. 11 (1).

Pemerintah Kota Malang. Rumah Makan. https://malangkota.go.id/fasilitasdaerah/rumah-makan/. Diakses pada 21 Maret2018.

Prayustika, P. A. 2016. Manakah yang Lebih Efektif ? Traditional Word of Mouth atau Electronic Word of Mouth. Jurnal Matrix, 6 (3).

Rutmawati, S. 2017. Terungkap, ini alasan bisnis kuliner di kota Malang laris manis. https://malang.merdeka.com/gaya-hidup/terungkap-ini-alasan-bisnis-kuliner-di-kota-malang-laris-manis-170522y.html. Diakses tanggal 21 Maret 2018.

Sari, V. M. 2012. Pengaruh e-WOM di Sosial Media Twitter terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Restoran Holycow Steak).Jurnal Fisip UI.

Setiawan, S. R. D. 2018. Tahun 2017, Pengguna Internet di Indonesia Mencapai 143.260.000 Juta Orang. https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/161115126/tahun-2017-pengguna-internet-di-indonesia-mencapai-14326-juta-orang. Diakses tanggal 21 Maret 2018.

Sumardy, Silviana, M., dan Melone, M. 2011. The Power of Word of Mouth Marketing (Cetakan ke-2 ed.). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Watie, E. D. 2011. Komunikasi dan Media Sosial. The Messenger, 3 (1).

Wiyono, Budi. 2009. Pengaruh Word of Mouth Dalam Keputusan Pembelian. Bandung: Kappa Sigma.

Wulandari, N. 2017. Pengaruh Gangguan (Annoyance) dalam Penggunaan Media Sosial pada Kesadaran Merek dan Niat Beli Konsumen (Studi Toko Kue Online Nina's Cake pada Instagram).


Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.